0

windows 7

By_H_Q.X.MM.II Jumat, 27 Mei 2011
http://mi9.com/uploads/vista/2873/windows-7_1920x1200_48739.jpgWindows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi selanjutnya Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista.
Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun.
Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit.
Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_7
Rancangan Windows 7 akan memudahkan orang berpindah antara membuka windows, files dan aplikasi.
Rancangan tersebut juga diharapkan akan memberi pemakai komputer pribadi akses ke file yang belum lama digunakan, dan membuat jaringan kerja rumah jadi lebih otomatis, demikian yg dikatakan Microsoft.
Kemungkinan besar, Windows 7, pengganti Windows Vista, dijadwalkan memasuki peluncuran perdana awal 2010.
Berikut adalah kelebihan-kelebihan windows seven yang dipamerkan Professional Developers Conference (http://www.microsoftpdc.com/) sebuah konferensi untuk para developer :
1. Lebih Cepat dan Stabil dari pada windows Vista.
Windows 7 ini memiliki performa yang lebih stabil dari pada windows vista.
Windows 7 juga lebih responsif dan lebih hemat dalam penggunaan baterai.
2. Anda dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray.
Mempunyai langkah yang praktis dalam memilih jaringan wireless yaitu anda dapat memilih Jaringan Wireless hanya dengan 1 klik dari system tray

3. Menampilkan pesan peringatan jika ada perubahan dalam komputer anda.
System akan menampilkan laporan jika terjadi perubahan terhadap komputer anda.
AKan menampilkan pesan peringatan saat system komputer anda ada yang berubah dan anda juga dapat mensetting tingkat privasi tersebut.
Mulai dari “tell me everything” sampai “don’t tell me squad”
4. Tidak adanya sidebar, tetapi mempunyai banyak gadget.
Pada windows 7 tidak adanya sidebar, tetapi gadget-gadget tetap ada dan dapat disetting sesuai keinginan anda.
5. Adanya Library yang dapat mengorganisasikan dokumen anda berdasarkan type.
Fitur Windows 7 adalah adanya library yang akan mengorganisasikan dokumen anda berdasarkan type.
READ MORE - windows 7
0

OS PC

By_H_Q.X.MM.II Senin, 23 Mei 2011

Macam - Macam OS Komputer dan Keterangannya

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalahperangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :

1.Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.

2.Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).

3.Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.

4.Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.

5.Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Sekarang kita akan menilik sejarah dan perkembangan Sistem Operasi.

Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang dapat dibagi ke dalam 4 generasi.

1.Generasi Awal

Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara otomatis artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.

2.Generasi Kedua

Di generasi ini sudah diperkenalkannya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch Proccessing System.

3.Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task).

4.Generasi Keempat

Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/porgram atau piranti lunak.

5.Generasi Selanjutnya

Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasikan Website yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.

Dewasa ini, hampir seluruh manusia memiliki PC dan Mobile PC. Dikarenakan faktor harga yang selalu berubah dan kebutuhan manusia akan perangkat otomatis seperti : PC, maka manusia menjadikan PC sebagai kebutuhan utama. Seiring dengan perkembangan teknologi PC pun dibuat ringkas agar dapat dijadikan sebagai piranti otomatisasi yang bergerak (Bisa digunakan kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja). Contoh PC bergerak adalah : Laptop, Notebook dan NetBook, ketiga piranti tersebut juga memiliki Sistem Operasi layaknya PC. Dan sekarang saatnya kita bahas Sistem Operasi yang ada di PC.

- WINDOWS (MICROSOFT WINDOWS)

Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS. MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.

Kemudian berkembang menjadi Windows 1.0 versi pertama Sistem Operasi dalam dunia Sistem Operasi yang berbasiskan GUI (Graphical User Interface) dan mendukung Multi-Tasking atau dapat mengerjakan banyak pekerjaan secara simultan. Setelah itu Windows 1.0 berkembang menjadi Windows 2.0, Windows 2.0 ini berbasis GUI dan mendukung penggunaan VGA (Video GraphicsArray) dan juga mendukung Multi-Tasking. Windows 2.0 juga support terhadap penggunaan Processor Intel 80286 dimana Processor Intel 80286 adalah Processor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memory.

Kemudian dilanjutkan dengan generasi Windows 3.0 dimana Windows 3.0 memiliki kemampuan yang sama dengan Windows sebelumnya dan ditambah dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon yang lebih baik. Dalam era tersebut, Microsoft juga menyediakan SDK (Software Development kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi/programnya agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Windows 3.0 juga memperkenalkan adanya Virtual Device Driver (VXD) dimana dapat berguna untuk meminimalisasi ketergantungan pada setiap driver pada perangkat keras tertentu. Windows 3.0 kemudian berevolusi menjadi Windows 3.1 yang sudah diperkenalkan dengan fitur Multimedia dan True Type Font selain itu juga memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop dan akhirnya Windows versi 3 ini berkembang menjadi Sistem Operasi yang sudah mengenal NetWorking (Windows 3.11).

Setelah berkembang cukup lama akhirnya Microsoft memperkenalkan Sistem Operasi hibrida 16-Bit/32-Bit yang dikenal dengan nama Windows 95. Banyak perubahan dari Windows versi sebelumnya, yaitu : Windows 95 memiliki GUI yang lebih menarik dan atraktif, mendukung Plug and Play, mendukung penamaan yang panjang, memiliki beberapa fasilitas seperti : Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah Windows. Selain itu juga Windows 95 memiliki fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga Client-Server.

Generasi penerus dari Windows 95 adalah Windows 98 dimana Windows 98 sudah mendukung VGA berbasis AGP, serta mendukung media penyimpanan ringkas seperti USB, diperkenalkannya NAT untuk berbagi koneksi Internet dan digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model. Ada juga beberapa fitur tambahan berupa aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer versi 5. Windows 98 juga sudah memiliki kemampuan-kemampuan untuk memainkan Game dan menjalankan aplikasi Multimedia.

Perkembangan selanjutnya adalah Windows ME, tidak ada yang spesial dari Windows ME selain transisi dukungan grafis dari 16-Bit ke 32-Bit dan pada era Windows ME sudah banyak pengguna rumahan yang memakainya. Windows ME pun akhrinya digantikan dengan Windows NT yang sudah mendukung arsitekstur x86 (80×86) , Intel IA64 dan AMD64 (x64) serta mendukung grafis 32-Bit. Windows NT sebenarnya dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan Windows NT juga banyak digunakan dalam jaringan komputer. Windows NT juga memperkenalkan File System NTFS yang lebih baik dari FAT maupun FAT-32.

Selanjutnya Windows NT berkembang menjadi Windows 2000 banyak fitur tambahan diantaranya : Active Directory, Image Preview, Browser Internet Explorer v6, DirectX dan Open GL, Plug and Play dan Windows Driver Model yang lebih baik performanya dibanding sebelumnya. Setelah generasi Windows NT munculah Windows XP yang menawarkan banyak perubahan, mempunyai banyak fitur dan performa yang semakin mengingkat. Bisa dikatakan Windows XP merupakan Windows yang paling laris dan digandrungi oleh pengguna PC maupun perangkat PC bergerak (Mobile). Seiring dengan kebutuhan akan networking maka Microsoft Corporation mengeluarkan Sistem Operasi yang berkonsentrasi pada jaringan, yaitu : Windows Server 2003. Bisa dibilang Windows Server 2003 adalah reinkarnasi dari Windows NT.

Banyak sekali fitur yang ditawarkan pada Windows Server 2003 ini salah satunya adalah diperkenalkannya platform .Net. Diperkenalkan juga fitur Domain Controller Server, PKI (Public Key Infrastructure) Server, Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Windows Internet Name Service (WINS), Microsoft IIS, dan lain sebagainya. Microsoft pun melanjutkan perkembangan Sistem Operasi dengan Windows Vista (Longhorn), ini merupakan revolusi dari Windows XP. Windows Vista lebih mengutamakan interface atau penampilan grafis antarmuka dibandingkan dengan performa, dibuktikan dengan adanya fitur : AERO, Sidebar, dan lain sebagainya.

Windows Vista juga menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP, karena pada Windows Vista diperkenalkan adanya Windows Firewall with Advanced Security, Windows Defender, Parental Control, User Account Control (UAC), BitLocker Drive Encryption, ASLR. Windows Vista juga sudah mengenal IPv6, DirectX versi terbaru, dan arsitekstur 64-Bit. Perkembangan selanjutnya adalah transisi dari Windows Server 2003 menjadi Windows Home Server yang ditujukan sebagai File Server untuk rumahan. Windows Server juga mengenalkan beberapa teknologi yaitu : Headless Operation (Server tidak membutuhkan monitor atau keyboard untuk memanjemen perangkat), Kontrol jarak jauh, Pemantauan kesehatan komputer, Sharing dan Streaming.

Generasi berikutnya ditandai dengan munculnya penggabungan Sistem Operasi Windows Vista dengan Windows Server, yaitu Windows Server 2008. Fitur Windows Vista dan Windows Server digabung menjadi satu padu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan End-User. Selanjutnya Windows Server 2008 berkembang menjadi Windows Server 2008 R2. Versi terakhir Sistem Operasi besutan Windows adalah Windows 7, Windows 7 dirilis untuk menggantikan kekurangan Windows XP dan kelebihan Windows Vista. Boleh dikatakan jikalau Windows 7 adalah fusi dari Windows XP dan Windows Vista, tidak seperti pada Windows Vista, Windows 7 memiliki performa yang lebih baik dari Windows Vista.

- UNIX

UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.

UNIX sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX pun merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX).

- LINUX

Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.

Pada komputer Desktop, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling populer diantara varian antarmuka pengguna lainnya. Sebuah sistem Linux menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell (Konsole). Perbedaan utama antara Linux dan Sistem Operasi Populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Sama seperti pada UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server banyak Workstation dan Server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan Linuxpun kebal terhadap Malware.

Satu hal yang membedakan Linux terhadap Sistem Operasi lainnya adalah harga. Harga Linux ini kebanyakan Gratis walaupun ada juga yang berbayar (Lisensi). Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada seseorang. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.

- IBM OS/2

Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286 , termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu,

- MAC OS (MACINTOSH OPERATING SYSTEM)

MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Sistem Operasi Macintosh dibagi menjadi 2 jenis :




1.MAC OS Klasik

Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris perintah), menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking

2.MAC OS X

MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking.

Kelebihan MAC OS :

1.Stabil, karena menggunakan UNIX.

2.Multitasking.

3.Tampilan (UI) sangat bagus.

4.Aman dari Malware.

MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple Inc, MAC OS X adalah penerus dari MAC OS (Klasik). MAC OS X dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah.

- FREE BSD

FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.








-SOLARIS


Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer, Desktop, Software.

Open Solaris memiliki banyak fitur yang menjadikan OpenSolaris bisa digunakan untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk desktop pC atau Mobile PC. Konsep Open Solaris adalah sebagai berikut :

1.Free Redistribution : Didistribusi secara bebas.

2.Source Code : Sumber (Source) harus tersedia untuk semua distribusi.

3.Derived Works : Setiap orang bisa mengubah kode dan mendisrtibusikan kembali.

4.No Discrimination : Kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembagkan.

Beberapa kelebihan OpenSolaris dibandingkan dengan Sistem Operasi lain :

1.ZFS : System Rstore.

2.DTrace L : Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama.

3.Manajemen Kegagalan : Mencegah, mendiagnosa dan memperbaiki error.

4.Zona : Mengimplementasikan sebuah abstraksi Sistem Operasi yang memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara terisolasi satu dengan lainnya di perangkat keras fisik yang sama.

5.Multimedia.

- Chrome OS

Chrome OS adalah Sistem Operasi besutan Google yang ringan dan berbasis Linux dan standard web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi. Jika dilihat-lihat, Chrome OS ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista. Chrome OS dirilis pada pertengahan 2010.

Banyak sekali berbagai Macam Sistem Operasi Komputer yang terus berkembang, Tidak ada Sistem Operasi yang sempurna karena masing-masing Sistem Operasi memiliki daya dan ciri khas tersendiri. Walaupun ada Sistem Operasi yang berbayar, kenapa tidak kita coba Sistem Operasi yang Free alias gratis? Gratis bukan berarti buruk, baik atau buruknya sebuah Sistem Operasi bergantung pada End-Usernya sendiri. Sehingga kita harus cermat dalam memilih Sistem Operasi yang digunakan.
READ MORE - OS PC
1
By_H_Q.X.MM.II Senin, 25 April 2011
nak-nak pok ame-ame exsis
Posted by Picasa
READ MORE -
0
By_H_Q.X.MM.II Jumat, 15 April 2011
READ MORE -
0

aple mac

By_H_Q.X.MM.II Minggu, 27 Maret 2011

Technical specifications

Size and weight


Height:
20.1 inches (51.1 cm)
Width:
8.1 inches (20.6 cm)
Depth:
18.7 inches (47.5 cm)
Weight:
8-core 41.2 pounds (18.7 kg)1
Quad-core 39.9 pounds (18.1 kg)1

Processing

Intel Xeon
  • 8-core (standard configuration)
    • Two 2.4GHz Quad-Core Intel Xeon E5620 “Westmere” processors
    • 12MB of fully shared L3 cache per processor
    • Turbo Boost dynamic performance up to 2.66GHz
    • Hyper-Threading technology for up to 16 virtual cores
  • Quad-core (standard configuration)
    • One 2.8GHz Quad-Core Intel Xeon W3530 “Nehalem” processor
    • 8MB of fully shared L3 cache per processor
    • Turbo Boost dynamic performance up to 3.06GHz
    • Hyper-Threading technology for up to 8 virtual cores
  • Advanced Intel microarchitecture
    • Integrated memory controller
    • 128-bit SSE4 SIMD engine
    • 64-bit data paths and registers
    • Optimized for energy efficiency

Processor upgrade options

Connections and audio

Mac Pro Ports
  • Four FireWire 800 ports (two on front panel, two on back panel)
  • Five USB 2.0 ports (two on front panel, three on back panel)
  • Two USB 2.0 ports on included keyboard
  • Front-panel headphone minijack and internal speaker
  • Optical digital audio input and output TOSLINK ports
  • Analog stereo line-level input and output minijacks
  • Multichannel audio through Mini DisplayPort

Graphics and displays

ATI Radeon
  • Double-wide, 16-lane PCI Express 2.0 graphics slot with one of the following graphics cards installed:
    • ATI Radeon HD 5770 with 1GB of GDDR5 memory, PCI Express 2.0, two Mini DisplayPort outputs, and one dual-link DVI port
    • ATI Radeon HD 5870 with 1GB of GDDR5 memory, PCI Express 2.0, two Mini DisplayPort outputs, and one dual-link DVI port
  • Option to install two ATI Radeon HD 5770 cards
  • Support for up to six displays2
  • Support for digital resolutions up to 2560 by 1600 pixels
  • Support for analog resolutions up to 2048 by 1536 pixels
  • Video adapters available for:
    • Additional DVI output using Mini DisplayPort to DVI Adapter (optional)
    • Additional dual-link DVI output using Mini DisplayPort to Dual-Link DVI Adapter (optional)
    • VGA output using Mini DisplayPort to VGA Adapter or DVI to VGA Display Adapter (optional)

Memory

  • Dual-processor systems
    • 2.4GHz system: 1066MHz DDR3 ECC SDRAM
    • 2.66GHz and 2.93GHz systems: 1333MHz DDR3 ECC SDRAM
    • Eight memory slots (four per processor) supporting up to 32GB of main memory using 1GB, 2GB, or 4GB DIMMs
  • Single-processor systems
    • 2.8GHz and 3.2GHz systems: 1066MHz DDR3 ECC SDRAM
    • 3.33GHz system: 1333MHz DDR3 ECC SDRAM
    • Four memory slots supporting up to 16GB of main memory using 1GB, 2GB, or 4GB DIMMs

Communications

    802.11n
  • Built-in AirPort Extreme 802.11n Wi-Fi wireless networking;3 IEEE 802.11a/b/g compatible
  • specs_bluetooth_20100727
  • Bluetooth 2.1 + Enhanced Data Rate (EDR) wireless technology
  • Two independent 10/100/1000BASE-T Ethernet (RJ-45) interfaces with support for jumbo frames

Environmental Status Report

  • BFR-free
  • PVC-free (internal cables)
  • Highly recyclable aluminum enclosure
  • Meets ENERGY STAR 5.0
    requirements4
  • Rated EPEAT Gold4
READ MORE - aple mac
0

Cara Mengganti Tampilan Blog

By_H_Q.X.MM.II Sabtu, 26 Februari 2011


2007JAN142332
Khususnya para newbie, seperti saya, mungkin bertanya tanya dalam hati, mengapa tampilan web atau blog di internet bisa macam-macam. Ada yang tampilan nya bagus menarik, ada yang tampilan nya biasa, ada yang tampilan nya penuh dengan pernik-pernik yang macam-macam dan masih banyak tampilan tampilan lain dengan berbagai warna warni. Saya pernah tanya ke google tentang tampilan ini, jawaban yang saya peroleh adalah hal itu karena pola template yang dipakai oleh blogger. Selanjutnya pertanyaan dalam hati saya, apa itu template? Jika pertanyaan ini diajukan lagi ke Pakde google, jawabannya bisa macam-macam pula. Dan jawaban yang diberikan tentang template itu saya yakini benar semua, tidak ada yang salah. Tapi kalau boleh disederhanakan agar mudah dipahami oleh newbie atau netter awam seperti penulis, template itu kira-kira adalah pola untuk membentuk tampilan blog atau website di layar monitor.

Tampilan blog atau website itu seperti apa? Kalau anda klik judul artikel ketika browsing dengan google, kemudian muncul halaman blog atau website, itulah namanya tampilan, dan saya sebut template. Sederhana bukan? Setiap blog atau website tentu punya tampilan atau template mereka sediri-sendiri. Dan tampilan blog itu disusun dengan pola tertentu oleh pembuat template. Nah, itu yang bisa saya pahami tentang template. Sudah paham, apa itu template? Hmmm… gaya! Dasar sok tahu…!

Jawaban saya atas apa itu template terkesan sangat awam, ya? Ini memang menunjukkan bahwa penulis masih sangat awam. Tapi sok berani tampil menulis artikel tentang template blog atau web. Kalau anda tidak puas dengan jawaban saya bahwa template adalah tampilan blog atau web, anda bisa Tanya langsung ke mbah google, pasti akan dijawab dengan sangat lengkap. Halaaah malah nglantur ke mana mana nih. Ma’af ya…!

Sekarang kembali ke permasalahan kita, yaitu cara mengganti template atau tampilan blog di blogspot. Apakah anda masih ingat ketika membuat blog di blogspot atau blogger? pada saat proses pembuatan blog sampai pada memilih template atau tampilan, di sana hanya tersedia hanya beberapa template yang desertai contoh tampilan nya, tapi yang kita jumpai di internet banyak blog yang menggunakan domain blogspot, tampilan blognya macam-macam dan tidak sama dengan tampilan pada pilihan template di blogspot. Tahu sebabnya? Itu dikarenakan empunya blog telah mengganti template dari template aslinya dari blogspot dengan template buatan orang lain yang disusun kusus untuk blog di blogspot atau blogger. Makanya tampilan di layar monitor bisa macam-macam.

Agar tidak terlalu panjang artikel ini, langsung saja pada bagaimana langkah langkah cara mengganti template atau tampilan blog, tapi khusus template blog di blogspot. Sedangkan mengganti template di sini adalah template selain yang disediakan blogspot ketika membuat blog pertama kali. Selanjutnya ikuti langkah-langkah mengganti template atau tampilan blog tersebut di bawah ini:

PERTAMA

Mengenal jenis Template


Mengapa jenis template harus kita kenali? Ini karena jenis template blog yang akan diganti harus sama dengan template pengganti.

Perlu diketahui bahwa dalam mengenal jenis template, blogspot atau blogger mempunyai dua jenis template yaitu: pertama template jenis classic (HTML) dan yang lain adalah Jenis New (XML). Adapun ciri-ciri masing-masing template tersebut dapat anda lihat pada bagian paling atas dari template itu. Lihat gambar di bawah ini.

a. Jenis template classic HTML.

 classic html template

b. Jenis template New XML

 new xml template

KEDUA

Kunjungi salah satu ( satu saja) website penyedia template gratis di bawah ini:

http://btemplates.com/
http://www.zoomtemplate.com
http://almost-spring-blogger.blogspot.com
http://elegant-style-template.blogspot.com
http://blogtemplate4u.com/

Download template yang anda sukai. Extract file yang sudah anda download dan lihat jenis template nya. Sudah sesuai belum jenis template itu dengan jenis template blog yang akan diganti.

Cara melihat jenis template yang anda download tadi, bisa dengan melihat ektensi filenya atau dengan membuka file yang anda download, tentu setelah file tersebut diextrak. Cara membukanya, klik kanan pada file yang akan dibuka, pilih open with klik wordpad. Kalau wordpad tidak ada, klik choose program lalu cari wordpad dan klik.

Sedangkan untuk mengetahui jenis template yang sedang digunakan di dalam blog anda, sign in dulu ke blogger anda dan masuk ke tata letak atau layout lalu klik edit HTML. Perhatikan dan Kenali ciri-cirinya dengan menggunakan panduan gambar di atas.

KETIGA

Setelah diteliti dan kedua template, yaitu template pengganti dan template di dalam blog anda, sama jenisnya, lanjutkan proses berikutnya.

Masih tetap berada di edit HTML. Sebelumnya saya ingatkan. Sebelum proses perubahan anda lanjutkan, download dulu template blog anda dengan klik download full template. Ini untuk berjaga-jaga kalau proses mengganti template yang anda lakukan bermasalah.

Dilanjutkan dengan proses mengganti template. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pilih salah satu yang anda anggap mudah.

Cara Pertama

- Klik tab Telusuri atau browse
- Cari file template yang sudah anda extract dari hasil download. Klik open.
- Anda akan dibawa kembali ke halaman blogspot. Dari situ klik unggah atau upload.
- Setelah proses upload selesai, akan ada konfirmasi, Klik confirm and save.

Cara kedua

- Hapus semua kode template yang ada di blog anda. Selanjutnya copy semua kode template pengganti, yaitu template yang baru anda download tadi, dan paste code tersebut di bagian input box template blog anda.
- klik simpan template atau save template
- Akan muncul konfirmasi perubahan. klik confirm and save.

Catatan:

1. Karena konfirmasi perubahan itu memberitahukan bahwa template pengganti tersebut akan menghapus beberapa widget/gadget yang sebelumnya telah terpasang di blog anda, maka semua kode-kode widget itu dicopy dulu dan disimpan di notepad untuk sementara dan selanjutnya dipasang lagi. Mengcopy dan menyimpan widget/gadget tersebut dilakukan sebelum proses ritual mengganti template dilakukan.

2. Jika anda pernah melakukan setting terhadap template dalam blog anda sebelum mengganti template ini, anda bisa melakukan hal yang sama terhadap template pengganti ini (template yang baru) sebelum atau sesudah anda upload template baru tersebut. Maksudnya, sebelum template pengganti diupload, terlebi dahulu anda bisa melakukan setting template tersebut, misalnya ditambah meta keyword, meta content, atau setting halaman navigasi dll. Setelah setting-setting itu dilakukan, baru kemudian diupload untuk mengganti template lama. Kalau ini masih membingungkan, diabaikan saja atau langsung upload template pengganti.

Begitulah proses mengganti template atau tampilan blog untuk blogspot dapat dilakukan. Selamat mencoba, semoga berhasil dan blog anda menjadi lebih menarik tampilan nya berkat pemasangan template baru.
READ MORE - Cara Mengganti Tampilan Blog
0

mm

By_H_Q.X.MM.II
Multimedia may be broadly divided into linear and non-linear categories. Linear active content progresses without any navigational control for the viewer such as a cinema presentation. Non-linear content offers user interactivity to control progress as used with a computer game or used in self-paced computer based training. Hypermedia is an example of non-linear content.
Multimedia presentations can be live or recorded. A recorded presentation may allow interactivity via a navigation system. A live multimedia presentation may allow interactivity via an interaction with the presenter or performer.

[edit] Major characteristics of multimedia

Multimedia presentations may be viewed in person on stage, projected, transmitted, or played locally with a media player. A broadcast may be a live or recorded multimedia presentation. Broadcasts and recordings can be either analog or digital electronic media technology. Digital online multimedia may be downloaded or streamed. Streaming multimedia may be live or on-demand.
Multimedia games and simulations may be used in a physical environment with special effects, with multiple users in an online network, or locally with an offline computer, game system, or simulator.
The various formats of technological or digital multimedia may be intended to enhance the users' experience, for example to make it easier and faster to convey information. Or in entertainment or art, to transcend everyday experience.
A lasershow is a live multimedia performance.
Enhanced levels of interactivity are made possible by combining multiple forms of media content. Online multimedia is increasingly becoming object-oriented and data-driven, enabling applications with collaborative end-user innovation and personalization on multiple forms of content over time. Examples of these range from multiple forms of content on Web sites like photo galleries with both images (pictures) and title (text) user-updated, to simulations whose co-efficients, events, illustrations, animations or videos are modifiable, allowing the multimedia "experience" to be altered without reprogramming. In addition to seeing and hearing, Haptic technology enables virtual objects to be felt. Emerging technology involving illusions of taste and smell may also enhance the multimedia experience.

[edit] Terminology

[edit] History of the term

The term "multimedia" was coined[citation needed] by Bob Goldstein (later 'Bobb Goldsteinn') to promote the July 1966 opening of his "LightWorks at L'Oursin" show at Southampton, Long Island. On August 10, 1966, Richard Albarino of Variety borrowed the terminology, reporting: “Brainchild of songscribe-comic Bob (‘Washington Square’) Goldstein, the ‘Lightworks’ is the latest multi-media music-cum-visuals to debut as discothèque fare.”[1] Two years later, in 1968, the term “multimedia” was re-appropriated to describe the work of a political consultant, David Sawyer, the husband of Iris Sawyer—one of Goldstein’s producers at L’Oursin.
Multimedia (multi-image) setup for the 1988 Ford New Car Announcement Show, August, 1987, Detroit, MI
In the intervening forty years, the word has taken on different meanings. In the late 1970s the term was used to describe presentations consisting of multi-projector slide shows timed to an audio track.[2][3] However, by the 1990s 'multimedia' took on its current meaning.
In the 1993 first edition of McGraw-Hill’s Multimedia: Making It Work, Tay Vaughan declared “Multimedia is any combination of text, graphic art, sound, animation, and video that is delivered by computer. When you allow the user – the viewer of the project – to control what and when these elements are delivered, it is interactive multimedia. When you provide a structure of linked elements through which the user can navigate, interactive multimedia becomes hypermedia.” [4]
The German language society, Gesellschaft für deutsche Sprache, decided to recognize the word's significance and ubiquitousness in the 1990s by awarding it the title of 'Word of the Year' in 1995. The institute summed up its rationale by stating "[Multimedia] has become a central word in the wonderful new media world"[5]
In common usage, the term multimedia refers to an electronically delivered combination of media including video, still images, audio, text in such a way that can be accessed interactively. Much of the content on the web today falls within this definition as understood by millions. Some computers which were marketed in the 1990s were called "multimedia" computers because they incorporated a CD-ROM drive, which allowed for the delivery of several hundred megabytes of video, picture, and audio data.

[edit] Word usage and context

Since media is the plural of medium, the term "multimedia" is a pleonasm if "multi" is used to describe multiple occurrences of only one form of media such as a collection of audio CDs. This is why it's important that the word "multimedia" is used exclusively to describe multiple forms of media and content.
The term "multimedia" is also ambiguous. Static content (such as a paper book) may be considered multimedia if it contains both pictures and text or may be considered interactive if the user interacts by turning pages at will. Books may also be considered non-linear if the pages are accessed non-sequentially. The term "video", if not used exclusively to describe motion photography, is ambiguous in multimedia terminology. Video is often used to describe the file format, delivery format, or presentation format instead of "footage" which is used to distinguish motion photography from "animation" of rendered motion imagery. Multiple forms of information content are often not considered modern forms of presentation such as audio or video. Likewise, single forms of information content with single methods of information processing (e.g. non-interactive audio) are often called multimedia, perhaps to distinguish static media from active media. In the Fine arts, for example, Leda Luss Luyken's ModulArt brings two key elements of musical composition and film into the world of painting: variation of a theme and movement of and within a picture, making ModulArt an interactive multimedia form of art. Performing arts may also be considered multimedia considering that performers and props are multiple forms of both content and media.

[edit] Usage

A presentation using Powerpoint. Corporate presentations may combine all forms of media content.
Virtual reality uses multimedia content. Applications and delivery platforms of multimedia are virtually limitless.
VVO Multimedia-Terminal in Dresden WTC (Germany)
Multimedia finds its application in various areas including, but not limited to, advertisements, art, education, entertainment, engineering, medicine, mathematics, business, scientific research and spatial temporal applications. Several examples are as follows:

[edit] Creative industries

Creative industries use multimedia for a variety of purposes ranging from fine arts, to entertainment, to commercial art, to journalism, to media and software services provided for any of the industries listed below. An individual multimedia designer may cover the spectrum throughout their career. Request for their skills range from technical, to analytical, to creative.
[edit] Commercial
Much of the electronic old and new media used by commercial artists is multimedia. Exciting presentations are used to grab and keep attention in advertising. Business to business, and interoffice communications are often developed by creative services firms for advanced multimedia presentations beyond simple slide shows to sell ideas or liven-up training. Commercial multimedia developers may be hired to design for governmental services and nonprofit services applications as well.
[edit] Entertainment and fine arts
In addition, multimedia is heavily used in the entertainment industry, especially to develop special effects in movies and animations. Multimedia games are a popular pastime and are software programs available either as CD-ROMs or online. Some video games also use multimedia features. Multimedia applications that allow users to actively participate instead of just sitting by as passive recipients of information are called Interactive Multimedia. In the Arts there are multimedia artists, whose minds are able to blend techniques using different media that in some way incorporates interaction with the viewer. One of the most relevant could be Peter Greenaway who is melding Cinema with Opera and all sorts of digital media. Another approach entails the creation of multimedia that can be displayed in a traditional fine arts arena, such as an art gallery. Although multimedia display material may be volatile, the survivability of the content is as strong as any traditional media. Digital recording material may be just as durable and infinitely reproducible with perfect copies every time.

[edit] Education

In Education, multimedia is used to produce computer-based training courses (popularly called CBTs) and reference books like encyclopedia and almanacs. A CBT lets the user go through a series of presentations, text about a particular topic, and associated illustrations in various information formats. Edutainment is an informal term used to describe combining education with entertainment, especially multimedia entertainment.
Learning theory in the past decade has expanded dramatically because of the introduction of multimedia. Several lines of research have evolved (e.g. Cognitive load, Multimedia learning, and the list goes on). The possibilities for learning and instruction are nearly endless.
The idea of media convergence is also becoming a major factor in education, particularly higher education. Defined as separate technologies such as voice (and telephony features), data (and productivity applications) and video that now share resources and interact with each other, synergistically creating new efficiencies, media convergence is rapidly changing the curriculum in universities all over the world. Likewise, it is changing the availability, or lack thereof, of jobs requiring this savvy technological skill.

[edit] Journalism

Newspaper companies all over are also trying to embrace the new phenomenon by implementing its practices in their work. While some have been slow to come around, other major newspapers like The New York Times, USA Today and The Washington Post are setting the precedent for the positioning of the newspaper industry in a globalized world.
News reporting is not limited to traditional media outlets. Freelance journalists can make use of different new media to produce multimedia pieces for their news stories. It engages global audiences and tells stories with technology, which develops new communication techniques for both media producers and consumers. Common Language Project is an example of this type of multimedia journalism production.

[edit] Engineering

Software engineers may use multimedia in Computer Simulations for anything from entertainment to training such as military or industrial training. Multimedia for software interfaces are often done as a collaboration between creative professionals and software engineers.

[edit] Industry

In the Industrial sector, multimedia is used as a way to help present information to shareholders, superiors and coworkers. Multimedia is also helpful for providing employee training, advertising and selling products all over the world via virtually unlimited web-based technology

[edit] Mathematical and scientific research

In mathematical and scientific research, multimedia is mainly used for modeling and simulation. For example, a scientist can look at a molecular model of a particular substance and manipulate it to arrive at a new substance. Representative research can be found in journals such as the Journal of Multimedia.

[edit] Medicine

In Medicine, doctors can get trained by looking at a virtual surgery or they can simulate how the human body is affected by diseases spread by viruses and bacteria and then develop techniques to prevent it.

[edit] Document imaging

Document imaging is a technique that takes hard copy of an image/document and converts it into a digital format (for example, scanners).

[edit] Disabilities

Ability Media allows those with disabilities to gain qualifications in the multimedia field so they can pursue careers that give them access to a wide array of powerful communication forms.

[edit] Miscellaneous

In Europe, the reference organisation for Multimedia industry is the European Multimedia Associations Convention (EMMAC).

[edit] Structuring information in a multimedia form

Multimedia represents the convergence of text, pictures, video and sound into a single form. The power of multimedia and the Internet lies in the way in which information is linked.
Multimedia and the Internet require a completely new approach to writing. The style of writing that is appropriate for the 'on-line world' is highly optimized and designed to be able to be quickly scanned by readers.[6]
A good site must be made with a specific purpose in mind and a site with good interactivity and new technology can also be useful for attracting visitors. The site must be attractive and innovative in its design, function in terms of its purpose, easy to navigate, frequently updated and fast to download.[7]
When users view a page, they can only view one page at a time. As a result, multimedia users must create a ‘mental model of information structure’.[8]

[edit] Conferences

There is a large number of multimedia conferences, the two main scholarly scientific conferences being:

[edit] See also

[edit] References

Multimedia Technologies by Ashok Banerji & Ananda Mohan Ghosh, Tata McGraw Hill, 2010, ISBN(13) 978-0-07-066923-9. Review in Google bookshelf or visit Learning center at: http://www.mhhe.com/banerji/fmt
  1. ^ Richard Albarino, "Goldstein's LightWorks at Southhampton," Variety, August 10, 1966. Vol. 213, No. 12.
  2. ^ Eagle Computer, http://en.wikipedia.org/wiki/Eagle_Computer#Multi-Image_models, retrieved 2010-06-27 
  3. ^ Multi-Media Becomes Multi-Image, http://www.avsquad.com/page8/page8.html, retrieved 2010-04-30 
  4. ^ Vaughan, Tay, 1993, Multimedia: Making It Work (first edition, ISBN 0-07-881869-9), Osborne/McGraw-Hill, Berkeley, pg. 3.
  5. ^ Variety, January 1–7, 1996.
  6. ^ Stewart, C and Kowaltzke, A. 1997, Media: New Ways and Meanings (second edition), JACARANDA, Milton, Queensland, Australia. pp.102.
  7. ^ Jennifer Story, from Next Online,2002.
  8. ^ Lynch P., Yale University Web Style Manual, Http://info.med.yale.edu/caim/manual/sites/site_structure.heml.
Creative media projects encourage a more inclusive world for the disabled. Multimedia Information and Technology v. 36 no. 1 (February 2010) p. 4
READ MORE - mm


Kunjungi n follow me

 
Copyright 2010 BANYAK INFORMASI