You Are Reading

0

langkah alur pembuatan website

By_H_Q.X.MM.II Senin, 30 Mei 2011


LANGKAH DAN ALUR STRUKTUR PEMBUATAN WEBSITE
Dalam membuat perencanaan, seseorang biasanya melalui tahapan-tahapan tertentu. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dan memfokuskan segala ide yang ada agar lebih teratur. Setiap desainer Web memang memiliki kebebasan bagaimana ia akan membangun sebuah halaman Web, sebenarnya, yang diinginkan oleh klien adalah hasil akhir, mereka tidak peduli sama sekali akan proses pembuatan situs Web tersebut.
Sadar atau tidak, diketahui atau tidak, kebanyakan desainer Web secara Alami melalui tahapan ini ketika membangun desain Web, saya pun demikian. Namun karena ketidak-tahuan tersebut, kita tidak terpaku pada alur, terkadang sering juga melompat-lompat. Tahap-tahap tersebut adalah:
1. HEADING DENGAN LOGO DAN TITEL
Hal pertama yang Anda bangun adalah Heading dengan Logo dan Titel. Secara umum bagian header akan sangat menentukan Look and Feel dari sebuah situs Web. Terlebih bila logo sudah ditetapkan sebelumnya (sudah ada) tentunya Anda tak ingin tampilan kacau gara-gara logo tidak sesuai dengan desain bukan? Ok, kita ambil kasus desain Web sebuah organisasi exportir-importir yang baru-baru ini saya kerjakan. Organisasi tersebut memiliki logo yang sangat sederhana.
2. TATA LETAK DASAR HALAMAN
Kemudian kita berlanjut kepada tataletak dasar dari situs Web tersebut. Tata letak ini lah saatnya kita mengembangkan daya khayal, pikiran, dan kreasi mengenai apa yang telah kita tetapkan dalam sketsa kertas, yang sebagian telah kita tuangkan dalam header. Pada bagian ini, kita mulai menentukan kolom-kolom yang akan kita pergunakan. Anda dapat mempergunakan garis guides untuk membantu menandai area satu dengan yang lainnya.
3. NAVIGASI
Navigasi adalah hal yang harus dipikirkan kemudian setelah tataletak di tentukan. Dala menentukan navigasi ini, Anda harus berpikir ekstra, karena navigasi yang baik tidak hanya eye-catching dan mudah dikenali, tapi juga harus mudah dibaca dan diakses.
4. GRAFIS
Setelah bingung berpikir menentukan heading, dan navigasi, saatnya kita melangkah kepada hal yang lebih menuntut kreatifitas dan daya khayal kita. Grafis disini adalah pengolahan dari foto yang sudah ada agar sesuai dengan tataletak yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam membuat situs profil, grafis ini merupakan bagian yang paling eye-catching, jadi kerahkan ide yang ada agar dapat mendongkrak tampilan secara keseluruhan.
5. KONTEN, HEADING DAN FORM
Pada tahap ini, biasanya saya memerlukan waktu lebih lama untuk mendesain, terkadang sampai satu hari penuh, 2 hari atau 3 hari. Masukan konten-konten yang akan mengisi halaman Web, tentukan juga dimana harus meletakan form. Pertimbangan dan feeling Anda akan estetika, tipografi, dan whitespace s angat diperlukan disini. Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.
6. FOOTER DAN COPYRIGHT
Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.
Apa Itu Web Desain
Berawal dari pertemuan dengan seorang teman lama, yang kebetulan bergerak dalam bisnis desain grafis atau cetak, dia mengutarakan ketertarikannya untuk menjadi seorang web designer, tanpa mengetahui dari mana dia harus belajar untuk menjadi seorang web desainer dan apa sebenarnya web desain itu sendiri..
Apa sih sebenarnya web desain dan apa itu web desainer?
Pada beberapa glossary yang saya temukan di internet, web desain di deskripsikan
Web desain adalah sebuah seni dan proses penciptaan sebuah halaman web dan atau situs secara keseluruhan, termasuk didalamnya segi estetika dan mekanisme situs, walau secara umumnya terfokus pada “Look and Feel” dari ebuah situs.
Adalah menjadi tugas seorang web desainer untuk menentukan aspek aspek desain dan mekanisme sebuah situs, mulai dari penentuan warna dasar, tata letak situs, pemilihan font dsb. Bahkan sampai pemilihan bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk menciptakan sebuah situs yang telah di rancang.
Tidaklah mudah untuk menciptakan sebuah situs yang bagus dan sesuai dengan keinginan customer kita, dalam proses pembuatan situs  sering kali  seorang desainer di hadapkan pada permasalahan loading time yang lambat, web safe color, bahkan sampai ke komptabilitas di browser.
Warna Dalam Desain Web
Begitu pentingnya pemilihan warna dalam sebuah proses desain web. anda tentu akan merasa tidak nyaman jika mengunjungi sebuah situs bertemakan daun teh, tapi ditampilkan dengan warna hitam dan merah.
Ada tiga pilihan jenis situs bagi pengiklan untuk memasarkan produknya:
1. situs bertujuan (destiniation sites), yang menggunakan informasi, hiburan, dan barang-barang produksi bernilai tinggi untuk meraih user dan membawa mereka kembali;
2. situs mikro (micro-sites), sebuah kanal kecil yang terdapat di situs atau jaringan tempat kita beriklan;
3. kampanye banner (banner campaign) dan web advertising berbiaya rendah lainnya seperti sponsorhip. Produk yang dapat dijual secara online dan mudah dikiirim, atau dapat dikirim secara digital seperti musik, tiket, buku dan software, dapat menggunakan situs bertujuan (destination sites). Hal ini untuk mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan brand awareness dan dukungan purna jual. Tetapi bila Internet tidak memungkinkan perusahaan Anda menawarkan produk dengan lebih cepat, lebih murah atau lebih baik, sebaiknya Anda tidak memilih situs bertujuan.
Kemudian, penjualan produk yang kompleks seperti komputer, mobil, dan hasil-hasil industri lainnya dapat menggunakan situs Web untuk menghemat biaya, dan juga menyediakan layanan untuk menerangkan detail spesifikasi, konfigurasi, dan memperoleh dukungan produk secara online.
Situs Bertujuan (Destination Sites)
Situs bertujuan merupakan pilihan bijak jika perusahaan berniat menggunakan Internet sebagai sarana full-fledge, untuk pertukaran informasi dengan pelanggan, seperti dalam penjualan buku. Pengiklan yang akan membangun destination sites harus memiliki pengalaman yang matang. Sebuah perusahaan bisa membelanjakan miliaran rupiah untuk membangun sebuah destination sites dan lebih banyak lagi untuk biaya pemeliharaannya. Sebuah situs yang tanggung (half-baked), hanya akan menghancurkan merek. Jangan anggap remeh jumlah interaksi dengan pelanggan yang terjadi. Anda harus memiliki tim customer service untuk menjawab seluruh e-mail yang masuk selama tujuh hari dalam seminggu.
Kedua, lisensi, bukan isi. Kebenaran isi menunjukkan citra pengiklan yang sesungguhnya. Ketika Toyota pertama kali berkecimpung dalam Web, mereka menciptakan tujuh majalah lifestyle yang berbeda. Sekarang, hanya “Car Culture” yang diingat dan besar kemungkinan menjadi penerbitan kendaraan besar. Hal ini mengajarkan bahwa isi haruslah berkaitan dengan jenis usaha.
Ketiga, promosi. Setiap kali situs baru diluncurkan, perusahaan harus mempromosikannya. Perusahaan yang bijak akan mengalokasikan setidaknya 20 persen dari keseluruhan dana interaktif mereka untuk mempromosikan situs online-nya. Perusahaan juga dapat mencantumkan alamat situs dalam iklan media cetak maupun televisi, kemasan produk dan lain-lain. Bisa juga digunakan pencantuman dalam search engine dan trading link dengan situs lain.
Situs Mikro (Micro-Sites)
Situs mikro memungkinkan pengiklan mengkomunikasikan keuntungan produk lebih mendalam dan mengumpulkan informasi mengenai pelanggan tanpa mengeluarkan biaya sebagaimana situs Web yang full-blown. Bagi para pengiklan yang menawarkan produk seperti busana dan alat-alat rumah tangga harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. Menempatkan situs mikro di mana khalayak berada. Konon tiga juta dollar AS dibelanjakan Levi’s untuk menempatkan situs mikronya pada semua situs-situs anak muda ternama selama berbulan-bulan. Perusahaan alat-alat rumah tangga seperti Whirpool harus melekatkan produk-produk terpilihnya di berbagai situs seperti remodeling.hw.net.
2. Petunjuk pemeliharaan merupakan bagian periklanan. Penyamaran kandungan komersial seperti dikemukakan dalam tajuk rencana alam mengurangi atau merusak kepercayaan terhadap citra merek yang ingin dibangun.

Banner
Kebanyakan perusahaan yang memasarkan barang-barang kebutuhan konsumen (consumer goods) harus menggunakan sumber daya mereka untuk membangun banner interaktif. Banner harus bisa mengundang orang yang melihatnya untuk mengkliknya, mendaftarkan diri untuk jadi pemenang (bila ada undian dan sejenisnya), dan memesan produk yang ditawarkan. Itu yang pertama.
Kedua, mensponsori isi atau rubrik yang tepat. Bahkan, merek “Tide” milik P&G harus mencari cara untuk mensponsori jadwal online setiap Little League di negara-negara bagian. Sebuah logo dan positioning yang tepat, cukup untuk membuat sebuah impresi.
Ketiga, pemeliharaan situs korporasi. Perusahaan butuh berhadapan dengan publik yang menggunakan mesin pencari (search engine) dan melayani hubungan dengan investor (investor relations) dan kelompok-kelompok perekrutan (recruiting groups). Tetapi merek-merek yang telah dikenal luas sebaiknya jangan melumuri situsnya dengan informasi produk. Tabung saja buat berbagai kampanye kreatif.
Bayaran
Ruang iklan dan harga biro iklan atau agensi selalu berubah-ubah. Karena itu sebaiknya para pengiklan selalu menegoisasikannya. Ukuran yang dipakai biasanya CPM, yakni biaya yang dikeluarkan untuk per seribu netter yang mengunjungi situs tertentu. Pengiklan juga bisa menggunakan hasil click-trough sebagai indikator keberhasilan iklan. Namun hal lazim adalah bila sejak awal sebuah perusahaan yang menyediakan ruang untuk beriklan, telah menentukan harga tertentu untuk setiap ruang atau jenis iklannya.
Langkah-langkah Membuka Toko Online Anda Sendiri
Ada lima langkah dasar yang patut Anda renungkan dan lakukan ketika akan membuka toko di Internet. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Registrasi “Domain Name”
Apalah arti sebuah nama. Begitu pujangga Shakespeare menisbikan arti penting nama dalam kehidupan. Pujangga romantis ini tidak sepenuhnya benar. Dalam dunia bisnis online, nama menjadi sangat penting. Nama domain (domain name) selain sebagai alamat anda di cyberspace, ia sekaligus juga berperan sebagai brand perusahaan Anda.Ketika memilih nama domain, Anda harus mendaftarkannya ke InterNIC atau Registrar2 Domain yang ada, atau anda dapat menghubungi soebita.com untuk mendaftarkan domain yang anda perlukan. Anda dapat memilih sebuah domain nama dari salah satu provider yang ada.
Pentingnya nama domain ini membuatnya menjadi lahan bisnis baru. Banyak orang mengumpulkan “nama-nama cantik”, dengan harapan akan dibeli orang/perusahaan di pasar lelang domain name. Bahkan karena besarnya potensi keuntungan dari bisnis domain name, membuat beberapa orang melakukan tindakan kurang terpuji, seperti pembajakan nama domain dan sebagainya.2. Desain Toko Online
Keputusan penting yang harus Anda lakukan pada langkah kedua ini adalah apakah rencana Anda membangun situs akan dilakukan sendiri atau meminta perusahaan yang telah berpengalaman untuk melakukannya. Bila Anda memilih untuk melakukannya sendiri, yakinlah Anda akan kehilangan banyak waktu karena Anda juga harus bertanggung jawab dalam memodifikasi serta pengembangan situs Anda.
Lebih baik bila Anda menyerahkan tugas tersebut kepada Web Developer yang telah berpengalaman di bidang web desain, web programming dan maintenanace web. Soebita.com (www.soebita.com) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan situs Web hingga ke pemeliharaannya dengan jasa layanan yang murah, cepat dan berkualitas.
Namun, ada beberapa titik kritis yang harus Anda pertimbangkan mengenai situs Anda sehingga tampilan situs bisa merepresentasikan visi dan kebutuhan Anda. Untuk itu, minimal, Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: Apakah produk atau jasa yang ingin Anda jual? Apa yang ingin Anda lihat dan rasakan dari logo dan situs Anda secara keseluruhan? Jenis navigasi apa yang ingin Anda gunakan? Bagaimana cara pembayaran yang Anda inginkan dalam transaksi bisnis? Bagaimana caranya agar Anda bisa mengkalkulasi pajak dan biaya pengiriman dengan mudah?
Ketika Anda membuat keputusan, Anda juga harus siap dengan katalog produk. Anda harus menyediakan informasi untuk setiap produk, seperti deksripsi ringkas, warna, ukuran dan harga. Setelah katalog produk ini selesai, barulah Anda bisa mempublikasikan situs Web online Anda.
3. Server Hosting
Keputusan lain yang harus Anda ambil ketika akan bergabung dalam pasar elektronik ini adalah apakah Anda akan membeli sebuah server dan menjadi tua rumah, atau hanya sekadar menyewa dari orang lain.
Ada keuntungan dan kerugian memiliki sebuah server sendiri. Keuntungan yang didapat adalah Anda bisa bebas memaintain situs Anda sendiri tanpa adanya batasan-batasan yang biasanya ditetapkan jika Anda menyewa server. Tapi kerugiannya adalah biaya operasional dan pemeliharaan sebuah server web sangat besar. Belum lagi Anda harus menyewa tenaga khusus untuk melakukannya. Namun sebagai invesatsi di masa depan, akan sangat menguntungkan bila Anda memiliki sebuah server sendiri.
4. Solusi Pembayaran
Ketika e-commerce Anda telah benar-benar mulai, Anda harus memiliki software pembayaran, merchant account di bank atau perusahaan commerce provider, jasa pemrosesan pembayaran, dan pintu gerbang untuk berhubungan ke seluruh elemen pemrosesan ini. Anda juga akan membutuhkan software mesin cash register untuk menolong Anda menghitung pajak penjualan dan biaya pengiriman dengan mudah.
Ketika pertama kali memulai transaksi bisnis dan menerima pembayaran, pertama-tama Anda harus membuka rekening di sebuah bank dagang. Pilihlah bank dagang yang bisa memenuhi seluruh kemungkinan proses transaksi Anda dan mampu memberikan solusi komprehensif bagi pelaksanaan tugas-tugas tersebut.
Jika Anda telah memiliki rekening (account), bank dagang tersebut akan melayani transaksi online Anda dengan konsumen atau pelanggan, memindahkan dana yang terdapat di kartu kredit mereka, dan menempatkan uang hasil transaksi ke rekening Anda.

5. “Traffic Coverage”
Tidak persoalan berapa pun besarnya situs Web Anda, orang tidak akan datang ke sana bila Anda tidak tahu di mana mereka berada. Persoalan “traffic” harus Anda perhatikan benar dalam perencanaan bisnis Anda.
Langkah pertama dalam membangun arus adalah mendaftarkan situs Anda di search engines. Anda tidak perlu khawatir, soebita.com yang akan melakukannya untuk Anda. Ketika mendaftar, Anda harus memikirkan benar “meta tags” atau kata kunci yang menjadi penghubung ke situs Anda.
Bila Anda mengikuti kelima langkah tersebut di atas, Anda telah menjadi pemilik sebuah toko online. Selamat! Toko online Anda telah buka dan siap berbisnis 24 jam sehari, tujuh hari seminggu dan terakses ke jutaan konsumen dari seluruh dunia setiap harinya.
Memulai Bisnis E-Commerce
APAKAH ANDA ingin memulai usaha sendiri? Ketika pertanyaan ini dilontarkan, Anda mungkin akan menjawab “Ya”, dan di benak Anda terbayang kemungkinan untuk bebas berkreasi mengembangkan potensi-potensi Anda, kebanggaan tersendiri, dan kemungkinan mengalirnya uang tak terbatas. Namun karena satu dan lain hal–persoalan modal, misalnya–keinginan tersebut tidak kesampaian. Anda pun “hanya” menjadi pekerja di perusahaan milik orang lain.
Sekarang, seiring dengan pencapaian teknologi informasi, berbagai masalah yang melilit keinginan Anda untuk memiliki bisnis sendiri atau mengembangkan bisnis Anda yang sudah ada bisa terjembatani. E-Commerce adalah jawabannya.
Berpikir Realistis
Ketika Anda merencanakan sebuah bisnis online, Anda harus berpikir realistis. Jika Anda memiliki toko komputer, misalnya, dan ingin menjual komputer secara online, Anda harus sudah siap dengan pesaing bisnis yang kompetitif. Membeli sebuah komputer membutuhkan modal yang relatif besar, kepercayaan merupakan hal penting.
Bila Anda memiliki bisnis berskala kecil, adalah penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang Anda harus alami dalam pembayaran terhadap perusahaan yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Bila Anda seorang yang serius dalam pembangunan bisnis online (e-commerce) yang relatif mapan dalam jangka panjang, Anda harus menemukan sebuah ide bisnis cemerlang dan profitable. Anda juga harus menawarkan produk dan jasa yang bernilai tinggi dan berkualitas bagi pelanggan potensial Anda kelak.
Selain itu, Anda juga sebaiknya selalu mengikuti perkembangan bisnis e-commerce, termasuk metode-metode transaksi terbaru. Bagi kebanyakan produk, misalnya, kartu berbelanja sangat penting. Masyarakat sekarang lebih suka meng-klik sebuah tombol dan memesan sesuatu. Bila bisnis online Anda tidak menerima kartu kredit atau kartu berbelanja, Anda akan kehilangan pelanggan; produk Anda tidak akan terjual.


Membangun Situs web
Salah satu persoalan yang segera menghadang di depan Anda ketika akan memulai bisnis E-Commerce adalah persoalan sumber daya. Ya, Anda butuh membangun situs sebagai basis bisnis Anda. Untuk itu, Anda mau tidak mau harus merekrut tenaga-tenaga baru untuk membangun situs Web bisnis Anda, lengkap dengan peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan. Ini berarti Anda harus menyediakan modal khusus yang tidak sedikit, mencapai ratusan juta rupiah. Belum lagi, Anda harus menyediakan pelayanan terhadap pelanggan (customer service), termasuk pelayanan purna jual.
Jangan berkecil hati. Masih ada cara lain yang bisa Anda tempuh tanpa harus kehilangan lebih banyak uang dan pelanggan potensial. Anda bisa menghubungi situs Web yang menyediakan jasa bisnis online, mulai dari pembangunan situs sampai penjualan produk dan jasa.
Resep Sukses Penjualan Online
Membeli barang secara online di Internet tidak seperti membeli barang di toko biasa. Anda tidak pernah melihat produk atau mencobanya. Tidak juga bisa berbicara pada siapa pun yang menjualnya. Seolah-olah Anda hanya mengirimkan order pemesanan ke cyberspace dan mengharapkan yang terbaik.
Kemungkinan Anda bisa mendapatkan barang pada esok harinya atau mendapatkan e-mail yang berbunyi, “Maaf, barang yang Anda pesan tidak tersedia. Hal-hal seperti inilah yang masih meragukan konsumen ketika berbelanja secara online. Untuk mengatasinya, Anda sebagai merchant harus bisa menumbuhkan rasa percaya di benak konsumen.
Berikut adalah rahasia sukses yang membuat situs lain sukses dan menjadi besar. Jika Anda ingin sukses, Anda harus melakukan segala sesuatu yang tertulis di bawah ini. Anda mungkin berpikir begitu banyak hal yang harus dikerjakan. Namun ini adalah hal yang wajar. Saya akan merasa curiga bila ada nasihat sukses bisnis di Internet yang tidak melibatkan banyak pekerjaan. Tapi orang yang sukses di bisnis online, bukanlah tipe yang senang membuang-buang waktu mereka. Jika mereka melakukan sesuatu, maka hal ini benar-benar suatu yang harus dilakukan untuk sukses.

0 komentar:

Poskan Komentar



Kunjungi n follow me

 
Copyright 2010 BANYAK INFORMASI